4.7.16

Ulang Tahun, Tahun yang Tak Berulang

Cepat ya waktu berlalu. Seketika ganti kalender, seketika tengah tahun, seketika tambah lagi angka usia..
Bahkan seketika-seketika ini berdampak ke Ayah saya yang baru-baru ini lupa putrinya sudah umur berapa :D

Mengamati atau tidak, kita jadi saksi perkembangan yang ada di sekeliling kita. Layaknya kerabat yang kaget melihat keponakan atau anak teman yang pertama bertemu masih susah jalan tiba-tiba bertemu lagi sudah centil, kita lebih (mudah) melihat 'perkembangan' orang lain dibanding diri sendiri. Memberi penilaian terhadap diri sendiri itu sulit. Makanya sering kali kita terkecoh dengan omongan orang lain. Jeleknya kalau lagi sensitif, hilanglah tingkat kepercayaan diri. Saya pun jatuh bangun mengingatkan diri sendiri untuk lebih percaya terhadap diri sendiri. Yang sedang kita perjuangkan, yang sedang kita lawan, hanya kita yang tahu. Betul?

Banyak teman yang perkembangannya bisa saya ambil sebagai contoh. Ada yang membebaskan diri secara spiritual, ada yang mengikat diri tunduk lebih dalam pada apa yang dia percaya, ada yang berlayar jauh berpetualang, ada yang memutuskan mantap berkomitmen maka dia berlabuh. Dari bermacam alur hidup yang sedang mereka jalani, bukankah ini bisa jadi satu bundel materi yang baiknya dimanfaatkan? Gula-gula itu manis, menyenangkan, tapi kurang bermanfaat bagi tubuh. Sayur mayur sebagian tidak ada rasanya, sebagian pahit, namun berguna demi kesehatan. Kenyataannya, sesekali mengunyah gula-gula tidak dilarang. Menambah semangat dan kebahagiaan.

Kalau melihat ke perkembangan diri, mungkin tanpa disadari banyak yang mau tidak mau sudah atau sedang kita ubah. Hmm kalau dulu tidak begitu jadinya sekarang seperti apa ya? Bagaimana hasilnya nanti ya kalau saya mengambil pilihan ini?


Mashumaro Ecchi, karya Ryuuki Ryoh

Pesan yang luar biasa ya! Jangan kaget kalau saya bilang ini diambil dari komik dengan plot cerita yang vulgar. Genre-nya saja matureecchi XD Ini juga tergolong dalam perkembangan diri lho. Boleh baca yang aneh-aneh demi pengetahuan. Haha alasan!

Mari terus belajar! Perbanyak melihat, mendengar, mengamati, (kalau bisa bertanya lebih baik) lalu menyaring, dan jadikan sebagai bekal saat nanti mengalami. Momen ulang tahun akan datang setiap tahunnya, tapi logikanya 'keadaan' kita tidak akan sama seperti tahun sebelumnya. Saya percaya siklus semesta ini berjalan dengan adil. Soal berapa lama kita hidup tidak ada yang tau, tapi keyakinan kita sama kan, kalau makan gula-gula terus bisa bawa penyakit.

No comments: