2.7.13

Jigsaw Puzzle

Coba kita perhatikan. Di setiap ruang lingkup, entah itu grup hura-hura, geng gosip, kelompok ilmiah, brotherhood, tim hore, atau komunitas pecinta sesuatu, orang-orang yang ada didalamnya itu seperti kepingan puzzle. Menonjol di satu sisi, berlubang di sisi yang lain. Satu keping yang (seolah) ditakdirkan cocok bersebelahan dengan keping lain, namun tidak cocok berada di sisi keping yang lain (lagi). Ber-terimakasih-lah pada sistem tongue & groove yang kita 'miliki' itu. Sebuah puzzle utuh bisa diwujudkan di akhir cerita :)

No friendship is an accident - O. Henry.

Di ruang yang besar ini, sudah pasti ada orang yang kalian rasakan membawa kenyamanan lebih dibanding lainnya. Tepat sama persis layaknya kepingan puzzle. 'Kekurangan' yang ada di diri kalian itu bisa ditutupi oleh 'kelebihan' yang dimiliki orang tersebut. Begitu juga sebaliknya. Ketika dua keping disandingkan, bentuknya cocok, yey jadilah! Lalu untuk orang-orang lain yang dirasa kurang cocok, kadang beda pendapat, atau malah jelas-jelas berseberangan sampai bikin sakit hati, saya sendiri sering kepikiran soal mereka itu, tapi kita gak bisa main usir, bilang gak butuh, atau menganggap gak ada. Semua puzzle yang ada harus lengkap supaya gambar akhir puzzle-nya kelihatan. Kepingan yang tidak pas itu punya posisi sendiri di samping 'kerabat'nya. Dan berkat t&g kerabat tersebut yang terus teruntai ke kepingan yang lain lagi, pada akhirnya bisa sampai ke kepingan diri kita berada. Lengkaplah puzzlenya!

Salah satu foto favorit saya di era kuliah oleh Ms. Anastasia Widyaningsih!

Saya punya beberapa teman senasib sepenanggungan yang buat saya ngerasa super nyaman. Kalau ada acara reuni atau semacamnya pasti otomatis nyari orang-orang tsb. 'Si A, mana ya?'; 'Si B datang gak?'; 'Si C kok belum sampai juga?'. Walaupun gak berangkat bareng dan gak janjian, tapi gerak mata, hati, pikiran, tertuju mencari mereka. Berharap di kerumunan orang-orang tsb, kita berhasil menemukan 'tempat' biasa kita bernaung. Kita semua pasti begitu ya. Seindividual apapun karakter seseorang, kepingan puzzle terdekat itu seperti wujud takdir Tuhan. Bentuk yang ada cocok. Lokasi kita berada dekat. T&G!

Saya bersyukur dapat 'musibah' jadi single di tahun kemarin. Ada orang-orang yang ternyata tidak bergeser sedikitpun dari posisinya sejak awal dan t&g yang ada diantara kami terasa semakin kuat -padahal saya pernah 'meninggalkan' mereka tidak sebentar. Saya juga berhasil menemukan tempat lain di antara kepingan-kepingan puzzle yang baru. Sebuah perjalanan menuju takdir yang luar biasa.

ps: suka banget sama istilah tongue & groove sejak dengerin presentasi seorang marketing produk sebuah parquet ternama. Joint system yang lain ada banyak sih, tapi t&g ini paling seru diucapin apalagi pakai intonasi yang naik di bagian akhir hihi..

No comments: