2.2.14

J-illustrator

Saya baru sadar kalau isi bookmark di browser saya banyak yang kadaluarsa. Sambil bersih-bersih, sambil me-review kembali link yang dulu saya suka masih diperlukan atau tidak. Ternyata 90% link yang saya simpan itu isinya website ilustrator dimana 80%-nya berasal dari Jepang.

Hari ini saya perkenalkan lima dari 80% tadi yang masih bertahan di bookmark browser saya sampai saat ini. Saya sertakan link ke website masing-masing, cukup klik di nama mereka. Tolong digarisbawahi, ilustrator yang saya sebutkan disini bukan komikus, mengingat lebih banyak komikus Jepang yang dikenal masyarakat global dibandingkan ilustrator. Mungkin di kesempatan lain akan saya bahas khusus soal komikus favorit saya. Oke, selamat menikmati!

Njelimet (ruwet-red.), penuh detail, dan magis, itu deskripsi yang tepat untuk ilustrasi Junaida. Warna-warna cerah, penuh khayalan, dan bermakna. Beberapa ilustrasi bahkan dibuatnya bersambung sehingga menjadi cerita pendek. Penggemar film imajinatif Studio Ghibli pasti suka karya-karya Junaida.


Ingat novel 'Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela'? Sketsa manis dan menggemaskan di dalamnya buatan Ibu Iwasaki ini. Manis, manis, dan manis. Keceriaan masa kanak-kanak memang menjadi tema besar karyanya. Cocok sekali dengan image yang dibawa Totto-chan di dalam novel, sederhana namun kaya rasa.


Misterius-satu kata untuk mendeskripsikan hampir keseluruhan karya Kumaori. Padahal yang menjadi objeknya adalah hal-hal yang biasa kita temui di sekitar seperti pemandangan dekat rumah, pinggir pantai, suasana ruang kelas, toko buku, atau penyeberangan jalan. Ada kalanya warna dan scene di ilustrasi Kumaori mengingatkan saya pada lukisan Van Gogh.


Hal pertama yang membuat saya jatuh cinta dengan karya Ito-san adalah ilustrasi hewan yang 'dipakaikan' baju manusia. Keren! Keren! Kereeeen! Hewan-hewan disini tidak terlihat lucu atau imut. Hebatnya mereka terlihat berkelas dan berwibawa. Jadi ingin belajar menggambar hewan :)


Yang saya sukai dari banyaknya ilustrasi Pak Itagaki adalah seri gambar portrait dari cowok-cowok Jepang. Bukan tipikal lukisan yang detail namun cukup menyita perhatian menurut saya. Plus pemakaian warna-warna yang catchy layaknya kiblat fashion anak muda Jepang sekarang yang berani dan cuek. Hati-hati jatuh cinta dengan salah satu karakter yang dia gambar.


* * *

Disamping lima ilustrator tadi sebenarnya masih ada banyak sekali yang menarik untuk dibahas. Kalau ada kesempatan akan saya post di tulisan selanjutnya :) Jangan lupa kunjungi website dari ilustrator diatas untuk cuci mata. じゃね!Sampai jumpa lagi!

No comments: